Tips untuk Membuat Desain Flyer yang Bagus dan Lengkap

Saat Anda ingin menjangkau pelanggan baru / memperkenalkan usaha yang baru Anda rintis, flyer merupakan salah satu alat promosi yang tepat. Agar selebaran / flyer Anda terlihat bagus dan lengkap serta menarik banyak orang, Anda perlu memperhatikan beberapa hal saat melakukan desain flyer tersebut. Berikut ini merupakan beberapa ulasan mengenai desain flyer yang baik, diantaranya adalah :

Tujuan utama dari pembuatan flyer

Flyer dibuat untuk menarik perhatian masyarakat luas yang berpotensi untuk menjadi calon pelanggan Anda. Selain untuk tujuan tersebut, fllyer didesain untuk menyampaikan beragam informasi dan penawaran yang dimilliki oleh perusahaan Anda dalam bentuk yang lebih padat dan singkat. Lalu bagaimana cara untuk membuat flyer yang bagus dan lengkap? Dalam membuat desain flyer Anda dapat mengikuti beberapa tips ini.

Perhatikan isi desain flyer yang Anda buat

Flyer / selebaran memiliki space yang terbatas, oleh karena itu dalam membuat desain flyer Anda perlu memperhatikan baik – baik isi yang Anda cantumkan di dalamnya. Pastikan bahwa flyer mengandung informasi yang jelas dan ringkas. Selain itu Anda perlu memberikan informasi yang mudah dibaca. Selain isinya, pertimbangkan ukuran font yang Anda pilih agar pembaca tidak mengalami kesulitan. Bila ada informasi penting, seperti alamat web atau kontak, Anda dapat mencantumkan dengan ukuran font yang lebih besar dan tebal sebagai highlight.

Manfaatkan dengan baik space yang tersedia

Selebaran atau flyer umumnya memiliki ukuran yang terbatas, yaitu terbatas pada ukuran kertas A5 atau kertas A6 yang memiliki ukuran lebih kecil. Agar seluruh isi yang ingin tersampaikan dapat tercantum dalam flyer Anda perlu pandai – pandai membuat desain flyer. Anda dapat membuat grid atau kolom – kolom berbeda ukuran untuk membedakan setiap topik. Setiap penjelasan dapat Anda persingkat dengan melakukan klasifikasi dan menyajikan dalam bentuk poin – poin penting.

Desain minimalis yang bersahaja

Tips lain untuk menciptakan desain flyer yang bagus adalah memperhatikan tampilan. Selain penataan tiap topik sesuai dengan kolom masing – masing, tidak ada salahnya bila Anda membuat desain yang sederhana dan bersahaja tanpa ada banyak gambar yang mengalihkan perhatian. Anda dapat mengalihkan gambar tersebut menjadi berbagai ikon infografis dan grafis menarik yang sekaligus memberikan penjelasan pada flyer yang Anda buat. Sebaiknya pilih warna yang tidak terlalu ‘ramai’. Anda dapat menggunakan warna hitam, abu – abu dan putih dan kombinasi salah satu warna cerah seperti hijau atau mustard. Hal ini dapat membantu desain flyer Anda terlihat bagus dan informatif.

Beri warna menarik untuk desain flyer informal

Sedikit berbeda dengan tips sebelumnya, bila Anda perlu melakukan desain flyer untuk keperluan informal seperti gelaran pameran atau festival, tentu Anda ingin mencari lebih banyak perhatian melalui flyer yang Anda buat. Untuk kebutuhan ini, flyer yang Anda buat tidak boleh membosankan. Anda dapat memberikan palet warna berani dan saling melengkapi seperi warna kuning muda dan biru laut dengan sentuhan warna biru tua dan sedikit merah muda. Meski menggunakan warna – warna cerah, tetap pastikan bahwa isi flyer Anda tetap tersampaikan dengan baik dalam desain flyer yang Anda buat.

Jadi, bagi Anda yang kini mungkin sedang bingung dalam membuat desain flyer agar tampil bagus dan lengkap, dapat menerapkan berbagai tips di atas.

Butuh Bantuan? Chat Kami