Mengenal Leaflet dan Cara Desain Leaflet yang Tepat

jasa buat desain brosur

jasa buat desain brosur

Leaflet merupakan salah satu sarana publikasi yang cukup banyak ditemukan di masyarakat. Tetapi masih banyak orang yang tak mengetahui dengan benar seperti apa leaflet tersebut dan menganggap bahwa leaflet sama halnya seperti flyer ataupun brosur. Padahal sebenarnya desain leaflet dengan sarana publikasi yang lain tetap memiliki perbedaan. Berikut ini beberapa uraian mengenai leaflet hingga cara desain leaflet yang tepat, diantaranya :

Pengertian dari leaflet

Leaflet merupakan salah satu jenis sarana publikasi yang terdiri dari selembar kertas dengan ukuran A4 yang dilipat dalam beberapa bagian (biasanya dilipat 3 – 4 kali). leaflet biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan publikasi, mulai dari promosi produk, keperluan politik hingga sebagai bahan ajar. Tetapi desain leaflet paling banyak digunakan untuk bahan ajar, di mana berisi informasi yang singkat dan mudah dipahami, yang disertai dengan beberapa gambar atau ilustrasi.

Fungsi leaflet

Lalu apa sebenarnya fungsi dari leaflet? Leaflet memiliki beberapa fungsi antara lain :

Sebagai sarana promosi

Leaflet atau sarana promosi yang lain dinilai cukup efektif dalam menjangkau berbagai target marketing. Selain ringan dan mudah di bawa ke mana – mana, leaflet memiliki isi yang sebagian besar telah merepresentasikan produk atau usaha yang Anda promosikan.

Sebagai sarana informasi

Fungsi lainnya adalah sebagai sarana informasi. Leaflet berisi informasi ini biasanya memiliki ulasan serta petunjuk arah yang jelas. Leaflet sejenis ini biasanya seringkali diberikan di taman – taman bermain dengan ukuran yang besar, untuk membantu Anda menentukan arah dengan lebih mudah. Leaflet berisi informasi ini biasanya juga digunakan sebagai bahan ajar tambahan untuk menambah pengetahuan masyarakat luas, tergantung dari substansi yang ada di dalamnya.

Sebagai sarana identifikasi

Dalam fungsi ini, desain leaflet digunakan untuk memperkenalkan sebuah perusahaan, sehingga pembaca nantinya dapat mengenali dengan mudah perusahaan yang bersangkutan. Informasi yang tercantum di dalamnya pun merupakan informasi penting. Leaflet jenis ini biasanya dikeluarkan oleh pihak – pihak tertentu seperti rumah sakit, kantor kepolisian, atau instansi pemerintah yang lain.

Cara desain leaflet yang tepat

Sebagian besar leaflet ini digunakan sebagai bahan ajar tambahan yang memuat berbagai informasi dan pengetahuan bagi masyarakat luas. Agar informasi yang Anda berikan dapat mudah diterima, tentu Anda perlu membuat leaflet dengan cara yang tepat. Berikut ini cara desain leaflet yang tepat dan mudah, antara lain :

Kumpulkan berbagai bahan materi yang akan Anda susun dalam leaflet

Sebelum membuat leaflet, Anda perlu mengumpulkan berbagai bahan materi dengan lengkap. Anda perlu juga memberikan beberapa ilustrasi / gambaran terkait materi tersebut agar membantu pemahaman secara visual.

Atur dan desain leaflet dengan efektif dan jelas

Meski berisi informasi atau pengetahuan, leaflet seharusnya berisi kalimat padat dan jelas dengan bahasa yang mudah dipahami, kemudian tersusun rapi dan bentuk poin – poin. Tambahan gambar dan ilustrasi dapat diberikan sebagai penjelasan tambahan dari informasi yang Anda berikan. Kalimat yang terlalu panjang dengan tulisan yang banyak dapat mengurangi minat pembaca untuk membaca leaflet tersebut hingga tuntas.

Jangan lupa cantumkan kontak yang dapat dihubungi

Saat membuat desain leaflet untuk bahan ajar yang sarat informasi, Anda perlu pula mencantumkan kontak yang dapat dihubungi sebagai contact person, bila nantinya ada di antara penerima leaflet yang memerlukan informasi lebih lanjut terkait leaflet tersebut.

Butuh Bantuan? Chat Kami